News & Updates

Pagi ini Senin, 15 Juli 2019 hari pertama sekolah untuk Tahun Pelajaran 2019/2020 di “HOMESCHOOLING KAK SETO” dan Sekolah Formal Kak Seto School  sudah dimulai. Baik PKBM maupun sekolah formal, para adik-adik peserta didik pun sudah mulai bergegas menuju sekolah masing-masing pada tingkatan SD, SMP, maupun SMA.

"Awal masuk sekolah terutama bagi adik-adik pada tingkatan Sekolah Dasar menjadi hal yang cukup membuat orang tua harus mempersiapkan segalanya, pasalnya hari pertama menjadi momen penting bagi anak untuk mengenali lingkungan sekolah termasuk teman-teman sebayanya.

Sebagai bentuk pengenalan lingkungan sekolah dan teman sebaya di “HOMESCHOOLING KAK SETOdan Kak Seto School sudah dilakukan MPLS (Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah) agar adik-adik peserta didik dapat mengenali situasi sekolah sebelum memulai proses KBM (Kegiatan Belajar Mengajar).

Bahkan terkait hal tersebut Direktorat Pembinaan Pendidikan Keluarga – Kemendikbud sudah dilakukan sosialisasi dalam program “Bersama Mengantar Anak Menuju Generasi Emas 2045 Sejak Hari Pertama Sekolah”, yaitu :

Orang tua

  1. Menyediakan kebutuhan sekolah anak,
  2. Menyiapkan sarapan dan makan bersama,
  3. Mengantar anak ke sekolah,
  4. Bekenalan dengan wali/guru kelas dan orang tua lainnya

Siswa

  1. Berkenalan dengan siswa lainnya, guru, dan kakak kelas
  2. Mengenal lingkungan sekolah
  3. Mengenal ragam ekstrakurikuler

Guru

  1. Menyambut siswa baru dan orang tuanya dengan ramah
  2. Mendorong interaksi antar orang tua dan antar siswa
  3. Ingatkan tentang pentingnya perlibatan keluarga dalam mendidik anak

Bangun komunikasi yang efektif antara guru dan keluarga sejak hari pertama masuk sekolah.