Mau jadi apakah anak kita nanti?
Pertanyaan sederhana di atas adalah bentuk ke khawatiran sebagian kita para orangtua.
Pertanyaan diatas bukanlah jawaban kita selaku orangtua melainkan adalah jawaban & pilihan anak.
Kita memang tidak bisa memaksakan diri tentang masa depan anak kita, karena anak-anak kitalah yg akan menjalaninya kelak.

Pertanyaan selanjutnya
Lantas apakah yang harus orangtua lakukan, agar sang anak dapat dan mampu memutuskan cita-cita apa yang ingin dipilihnya.

Banyak orangtua yang berkonsultasi kepada ahli ataupun sesama orangtua, mencari informasi di internet atau membeli & membaca buku-buku yang berkaitan untuk dijadikan referensi. Dalam situasi ini orangtua tidak perlu untuk panik & berlebihan menyikapinya. Dalam menyikapi masalah ini ada beberapa hal yang dapat dilakukan oleh para orangtua:
1. Tanyakan kepada buah hati kita apakah yang menjadi keinginan & cita-citanya.
2. Lihat & perhatikan dengan baik secara detail potensi minat bakat & kemampuan yang terlihat ada pada diri anak kita.
3. Kenalkan anak kita dengan berbagai profesi dan keahlian yang ada baik dengan secara langsung atau pun dengan media.
4. Ajarkan anak-anak kita dengan berbagai kemampuan dan hal-hal baru yang nantinya akan mendukung & menunjang masa depannya.
5. Arahkan, dampingi dan dukunglah apa yang menjadi minat bakat & kemampuannya.
Pada umumnya apa yang dicita-citakan oleh anak dapat saja berubah silih berganti dikarenakan perkembangan pola berfikir dan pengaruh lingkungan.

Jadi selayaknya kita sebagai orangtua tidak perlu khawatir & memaksakan diri atas cita-cita dan masa depan anak-anak kita nanti. Kita harus bersikap bijak dan mempersiapkan dengan cara mengarahkan & mendukung apa yang menjadi pilihan masa depan buah hati kita.

Salam Parenting.

 

Artikel by Kak Yudi Febrianto.
Tutor Visit HSKS