Hallo homeschoolers!

Waah nggak berasa ya kalau ternyata bulan kedua di tahun 2020 ini akan segera berakhir. Sejauh ini, gimana sekolah dan hari teman-teman semua?

Sambil menemani sore kalian hari ini, kakak mau bagi-bagi keseruan dari kegiatan edutrip SMP beberapa waktu lalu. Yuuuk kita simak sama-sama homeschoolers!

Museum Maritim dan Museum Bahari menjadi destinasi pilihan untuk dikunjungi edutrip tingkat SMP kali ini! Kira-kira apa aja sih yang ada di museum ini? Nah, singkatnya Museum Maritim adalah museum yang secara khusus mengangkat kemaritiman loh dimana di dalam museum maritim, dipamerkan berbagai macam benda-benda bersejarah seperti kapal, lukisan, senjata angkatan laut, maupun benda-benda lain yang berhubungan dengan dunia maritim.

Museum Maritim Indonesia mempunyai dua ruang pameran tetap di sayap kiri dan kanan bangunan. Masing-masing ruangan menggambarkan dua zaman yang berbeda, sebelum dan sesudah kemerdekaan.

Untuk ruang pameran pada bagian kanan gedung menceritakan sejarah maritim Indonesia pada zaman sebelum Indonesia merdeka, mulai dari zaman kerajaan hingga masa kolonial belanda. Banyak koleksi miniatur kapal yang mewakili masing-masing zaman dan dinding-dinding museum juga dihiasi lukisan dan infografis yang menjelaskan perkembangan dunia maritim.

Pada bagian kiri gedung menceritakan sejarah maritim sesudah kemerdekaan. Ruangan ini mengangkat sejarah PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo II) dan pelabuhan-pelabuhan yang dikelola oleh Pelindo.

Ada yang menarik dimuseum ini, dimana terdapat alat untuk simulasi kapal. Pengunjung dapat mengendarai kapal laut seperti layaknya seorang nahkoda sungguhan.

Setelah mendatangi museum ini diharapkan adik-adik homeschoolers bisa mengetahui dan mengeksplor sejarah Indonesia dan juga memberikan kesempatan bagi mereka untuk mengenal tanah air kita tercinta, Indonesia!