Kegiatan Pembelajaran

berita go green

Kegiatan Kegiatan di “HOMESCHOOLING KAK SETO” (HSKS) terbagi atas 2 kegiatan yaitu:

Kegiatan yang berhubungan dengan proses pembelajaran siswa/i dimana kegiatan tersebut membantu siswa/i dalam proses belajar menjadi menyenangkan, seperti :

  1. Project Class : Kegiatan kelompok yang dilakukan oleh siswa denga tujuan memberikan kesempatan kepada siswa untuk membuat sebuah karya melalui proses yang berkesinambunan. Kegiatan ini diimplementasikan dengan cara memberikan sebuah project kepada siswa untuk dirancang secara bersama dalam suatu bentuk organisasi yang menghasilkan program kerja / kegiatan tahunan sebagai acuan untuk pelaksanaan seluruh project  dalam tahun tersebut. Project class juga merupakan kegiatan yang ditujukan untuk siswa/I komunitas sebagai wadah berorganisasi terstruktur untuk melaksanakan beberapa project sesuai peminatan yang mereka pilih. Project class terbagi menjadi tiga, yaitu: Entrepreneur, Charity dan Media.
  2. Talent Class : merupakan proses pembelajaran non-akademik untuk siswa/I komunitas yang bertujuan untuk mengembangkan diri, keterampilan, dan kreativitas anak melalui kegiatan workshop, hastakarya, konseling, agama, olahraga, dan pendidikan finansial.
  3. Gathering Distance Laerning (DL) merupakan kegiatan yang melibatkan seluruh siswa/i yang memilih program Distance Learning. Kegiatan ini diadakan tiap 3 bulan sekali. Siswa/i berkumpul di sebuah tempat yang telah ditentukan dengan pemberitahuan sebelumnya dan belajar bersama dengan cara yang berbeda. Dengan adanya DL Gathering ini, diharapkan homeschoolers yang mengikuti program Distance Learning dapat mengenal serta bersosialisasi dengan teman-teman sesama siswa/i. Sehingga, meskipun siswa/i DL belajar di rumah masing-masing, mereka masih dapat bergaul (bersosialisasi) dengan teman-temannya. DL Gathering ini ditujukan untuk masing-masing tingkatan SD, SMP, dan SMA.
  4. Edu Trip Proses pembelajaran dimana siswa/I Komunitas dan Distance Learning belajar di luar kelas melalui kunjungan baik outdoor maupun indoor. Diharapkan dengan adanya Edu Trip ini siswa/i menjadi tidak jenuh dengan pembelajaran yang berada di kelas, siswa/i dapat langsung mempraktekkan dan melihat secara langsung, dan siswa/i dapat menambah wawasan yang lebih luas dan menambah pengetahuan tentang hal- hal yang tidak diberikan di kelas.
  5. Study Refresh merupakan kegiatan yang ditujukan untuk siswa/I komunitas sebagai penyegaran diri siswa yang dilaksanakan baik sebelum ataupun sesudah Ujian Akhir Semester (UAS).
  6. Edu Camp merupakan kegiatan camping atau menginap yang bertujuan untuk menumbuhkan kemandirian dan keberanian siswa/i.
  7. Pramuka SD merupakan kegiatan pramuka yang bertujuan melatih dan meningkatkan kemampuan siswa/i dalam kepramukaan.
  8. Ujian Tengah Semester (UTS) & Ujian Akhir Semester (UAS) UTS dan UAS merupakan kegiatan wajib untuk siswa/i sebagai bahan evaluasi dan hasil belajar/raport dari UTS dan UAS akan diberikan pada saat Parents Meeting. Kegiatan ini diakukan per 3 (tiga) bulan sekali.
  9. Try Out merupakan kegiatan latihan/uji coba dalam menjelang Ujian Nasional Pendidikan Kesetaraan (UNPK) yang ditujukan khusus untuk siswa/i tingkat SD kelas VI, SMP kelas IX, dan SMA kelas XII. 8. Ujian Nasional Pendidikan Kesetaraan (UNPK) UNPK merupakan kegiatan/ujian yang ditujukan khusus untuk siswa/i tingkat akhir (SD kelas VI, SMP kelas IX, dan SMA kelas XII) dengan jadwal yang telah ditetapkan oleh DIKNAS.

Kegiatan yang berhubungan dengan orang tua/wali siswa/i seperti:

  1. Parents Meeting Sebuah pertemuan yang dilakukan tiap 3 bulan sekali, sebagai sarana komunikasi antara orangtua dan pihak HSKS untuk pembagian hasil evaluasi belajar (rapor) dan parenting.
  2. Bimbingan konseling adalah salah satu bentuk pelayanan kepada siswa/i dan orangtua/wali untuk pelayanan konsultasi berkaitan dengan kondisi psikologis maupun sosial yang berhubungan dengan kegiatan belajar mengajar. Fungsi bimbingan konseling sendiri meliputi fungsi preventive (pencegahan), pengembangan, penyembuhan, penyaluran, adaptasi, penyesuaian, perbaikan, fasilitasi, dan pemeliharaan. Kegiatan yang dijalankan meliputi pemberian materi di kelas, konsultasi pribadi, dan diskusi kelompok, baik untuk orangtua/wali maupun siswa/i.
  3. Konsultasi dengan Psikolog “ HOMESCHOOLING KAK SETO” memiliki pelayanan psikologi terpadu bagi anak maupun orangtua, sebagai upaya optimalisasi potensi diri siswa baik dalam aspek akademis maupun aspek psikologis siswa. Layanan konsultasi meliputi: Kesulitan belajar, Hiperaktif, Kurang konsentrasi, Introvert, Perubahan sikap/emosional dan yang lainnya.
  4. Inspiring Story ClassKegiatan pembelajaran yang menghadirkan praktisi secara langsung. Praktisi ini bisa melibatkan alumnii atau orang tua wali.
  5. Family camp : kegiatan camping yang dilakukan bersama keluarga atau wali.