Recent Stories

Kegiatan outing merupakan kegiatan yang menjadi program di Kak Seto School dalam rangka mengajak siswa untuk melihat secara langsung pembelajaran diluar sekolah sesuai dengan tema yang ditentukan setiap bulannya. Pada outing kali ini, siswa tingkat SD melaksanakan kegiatan outing dengan tema “Indonesia Culture”. Pada outing tersebut, siswa diajak untuk mempelajari budaya masyarakat asli Jakarta yaitu Betawi.

Kampung Budaya Betawi yang berlokasi di Setu Babakan – Jagakarsa ini menjadi tempat tujuan siswa SD untuk mempelajari budaya Betawi mulai dari Silat Betawi, belajar memainkan alat musik Tanjidor, tour Kampung Betawi, membuat ondel - ondel mini, menari bahkan yang menarik adalah homeschooler di ajak untuk belajar membuat Kerak Telor yang merupakan makanan khas dari Betawi.

Antusias kelompok kelas kecil terlihat pada saat Roleplay perang dewa dan raksasa, Siswa belajar tentang berbagai jenis senjata zaman dahulu kala dan peristiwa terjadi gerhana bulan. Acara penutup adalah Story Telling dari komunitas Museum Ceria yang menjelaskan Dewa Ganesha sebagai penghalang bencana dan Dewa Ilmu Pengetahuan.

Kegiatan ini bertujuan untuk mengenalkan siswa SD dengan kebudayaan Betawi yang semakin hari makin tergeser keberadaannya dengan modernisasi Ibu Kota. Sehingga homeschooler tidak hanya mempelajari kebudayaan Betawi dari buku namun juga mempelajari langsung sehingga diharapkan semakin tumbuh rasa mencintai budaya dalam diri setiap siswa.